Berapa Suhu AC Hemat Listrik yang Harus Disetel?

Suhu AC hemat listrik merupakan hal penting yang perlu Anda keathui, terutama bagi pengguna AC di dalam ruangannya. Memiliki AC yang hemat listrik rasanya memang mustahil untuk terjadi. Pasalnya, AC merupakan salah satu alat elektronik yang selama ini dikenal memerlukan daya yang tinggi untuk dapat berfungsi. Namun hal itu tidak akan berlaku jika Anda mengetahui bagaimana pengaturan suhu yang tepat untuk setiap situasi.

Dengan mengetahui pengaturan suhu yang tepat, memiliki AC hemat listrik bukan lagi menjadi hal yang mustahil. Lalu sebenarnya berapa suhu AC hemat listrik yang perlu disetel? Jawabannya sebenarnya tidak pasti, sebab setiap tempat tentu memiliki suhu udara luar yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun secara umum, suhu yang perlu disetel agar AC tetap hemat daya adalah sekitar 22 derajat sampai 25 derajat celcius. Hal ini mengacu kepada suhu rata – rata di Indonesia.

Selain menyetel suhu di angka 22 derajat sampai dengan 25 derajat, hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan suhu AC hemat listrik adalah dengan menaikkan atau menurunkan suhu AC atau pendingin ruangan Anda secara perlahan. Misalnya suhu AC Anda berada di angka 22 derajat dan Anda ingin menaikkannya menjadi 25 derajat, maka lakukan hal itu secara perlahan, setahap demi setahap. Naikkan dulu satu tingkat menjadi 23, kemudian tahan beberapa saat hingga Anda merasakan perubahannya, kemudian setelah Anda merasakan perubahannya, baru kemudian naikkan lagi satu tingkat. Seterusnya sampai mencapai suhu di angka yang Anda inginkan. Lakukan juga hal yang serupa jika Anda ingin menurunkan suhu AC Anda. Selain dua hal di atas, yang perlu Anda perhatikan adalah jangan lupa mematikan AC saat Anda hendak meninggalkan ruangan atau saat suhu udara asli sudah pas sesuai kebutuhan Anda.

Bagaimana? Mudah kan untuk menyetel suhu AC hemat listrik? Dengan beberapa langkah di atas, memiliki AC yang hemat listrik kini bukan merupakan hal yang mustahil lagi bagi Anda.

This entry was posted in Software. Bookmark the permalink.