Cara Mudah Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak

Cara Mudah Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak – Batuk berdahak memang sedikit memiliki perbedaan dari jenis batuk lainnya. Pasalnya batuk berdahak sendiri dikhususkan terjadi karena adanya tetesan pada bagian belakang hidung. Selain itu, penyebab utama batuk berdahak akibat dari peradangan selaput lendir dalam saluran pernafasan. Bisanya pada gejala akut disebabkan oleh bakteri atau virus influensa, campak bahkan tubercolosa.

Meskipun batuk berdahak umum terjadi pada anak-anak karena seusia mereka rentan terhadap berbagai macam penyakit dan virus. Namun jika tidak ditangani secara serius akan menimbulkan komplikasi lainnya seperti asma maupun paru-paru basah. Sebagai alternatif untuk mengatasinya selain menggunakan obat kimia, sebaiknya dilakukan dengan cara yang lebih alami menggunaan bahan-bahan yang bersifat herbak seperti di bawah ini.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

1.Jeruk Nipis

Perpaduan antara jeruk nipis dan juga kecap telah dianggap paling mujarab dalam mengatasi batuk berdahak. Anda cukup memberikan anak perasan air jeruk nipis, kemudian dicampurkan dengan kecap sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Namun ada sebagian orang yang menggunakan garam sebagai pengganti kecap. Sebenarnya keduanya sama-sama terbilang efektif yang memiliki khasiat untuk penetralisir rasa asamnya yang sangat kuat.

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi yang memiliki bau khas sebagai lalapan dalam menu makanan, ternyata bisa dijadikan obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak pada anak. Adapun caranya dengan merebus daun kemangi sebanyak 2 hingga 3 lembar ke dalam 1-2 gelas air putih. Sebaiknya pilihlah daun kemangi yang masih segar dan jangan lupa dibersihkan dahulu. Berikan pada anak dalam kondisi hangat agar tenggorokan terasa lebi lega.

  1. Daun Sirih

Ramuan tradisional yang terbuat dari daun sirih terbilang cukup efektif dalam menghilangkan batuk berdahak yang terjadi pada anak. Anda bisa membuat ramuan daun sirih dengan cara merebus lima lembar daun sirih, cengkeh, kemukus, kapulaga dan kayu manis dalam dua gelas air. Biarkan air rebusan hingga berkurang menjadi setengah gelas, saring airnya dan minum tiga kali sehari satu sendok makan.

  1. Madu dan Lada Putih

Berikutnya adalah kombinasi antara madu dengan lada putih yang memang sangat unik untuk dijadikan obat herbal pada batuk berdahak anak. Meskipun masih belum banyak orang yang mengetahuinya, namun kombinasi antara lada putih yang dicampurkan dengan madu ini sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Anda pun cukup mencampurkan madu dan lada putih, lalu diberikan untuk anak yang sedang batuk berdahak.

  1. Belimbing Wuluh

Satu lagi pengobatan batuk berdakan dengan cara alami menggunakan bahan dari belimbing wuluh. Sebetulnya tidak berbeda jauh dengan jeruk nipis, belimbing wuluh atau belimbing sayur juga memiliki kemampuan obat untuk batuk berdahak. Si kecil hanya mengkonsumsi belimbing wuluh dalam keadaan segar, namun cara ini tidak disarankan bagi yang memiliki masalah lambung dalam tubuh.

Nah, itulah cara mudah yang mampu mengatasi batuk berdahak pada anak-anak. Setidaknya si kecil menghindari minuman air dingin maupun makaanan gorengan, serta selalu menjaga kondisi tubuh untuk tetap hangat. Source: Baby trend pack and play

 

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.