Faktor Utama Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Faktor utama penyebab penyakit jantung koroner – Tahukah Anda apa sih yang jadi faktor utama penyebab penyakit jantung koroner tersebut? Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwasannya serangan jantung ini merupakan suatu kondisi yang umumnya terjadi pada saat pasokan darah yang menuju ke bagian organ jantung manusia terhambat. Ini merupakan kondisi medis darurat yang umumnya disebabkan oleh terjadinya penggumpalan darah atau pun penumpukan lemak, kolesterol, dan juga unsur yang lain.

Faktor utama penyebab penyakit jantung koronerGangguan aliran darah yang menuju ke jantung tersebut juga bisa saja merusak atau pun menghancurkan otot jantung serta dapat berakibat fatal. Di dunia medis, serangan jantung ini biasanya disebut dengan infark miokard. Nah, di bawah ini adalah beberapa gejala yang mungkin saja akan muncul pada penderita serangan jantung, diantaranya sebagai berikut :

  • Sesak nafas

  • Sakit atau pun rasa nyeri di bagian dada

  • Merasa lemah dan pusing tanpa diketahui penyebab pastinya

  • Sangat gelisah atau pun rasa cemas yang berlebihan

Selain hal tersebut, serangan jantung atau pun penyakit jantung koroner ini juga tak bergantung pada tingkat keparahan sakit dada yang telah dirasakan penderita jantung koroner. Sakit dada yang telah dirasakan sih pasien tersebut masih belum tentu terjadi pada semua orang yang rasakan sakit jantung koroner. Terkadang pula rasa sakitnya jadi lebih ringan dan juga disalah artikan sebagai salah satu gangguan pencernaan biasa, seperti halnya sakit lambung atau pun maag. Sebaliknya, tak semua sakit dada ini merupakan akibat dari serangan jantung.

Oleh sebab itulah sangat penting sekali buat Anda untuk selalu hati – hati dan waspada akan berbagai gejala dari penyakit jantung koroner tersebut. Silakan Anda periksakan diri ke dokter untuk bisa mendapat penanganan yang lebih cepat dan tepat.

Faktor Utama Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab utama terjadinya penyakit jantung koroner ini adalah penyakit jantung itu sendiri. Penyakit jantung koroner terjadi dikarenakan tersumbatnya pembuluh darah utama yang telah memasok darah menuju jantung atau pembuluh koroner. Sumbatan satu ini disebabkan timbunan kolesterol yang berupa plak yang tengah menempel di bagian dinding pembuluh darah.

Plak yang retak ini nantinya akan akibatkan terjadinya penggumpalan darah, sehingga pada akhirnya penggumpalan darah tersebut akan hambat pasokan darah serta oksigen ke jantung lewat pembuluh koroner. Kondisi ini yang pada akhirnya sebabkan terjadinya serangan jantung. Beberapa faktor yang bisa tingkatkan resiko penyakit jantung koroner diantaranya sebagai berikut :

  • Diabetes

  • Merokok

  • Tekaan darah tinggi

  • Kolesterol tinggi

  • Kebiasaan konsumsi makanan yang berlemak

  • Berat badan berlebih atau pun obesitas

Demikian tadi kilas informasi seputar faktor utama penyebab penyakit jantung koroner. Semoga saja manfaat.

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.