Jenis-Jenis Karpet

Pada jaman sekarang ini, kita semua mengenal begitu banyak jenis karpet dengan berbagai ukuran serta motif. Namun menurut jenisnya, karpet sebenarnya dapat dibedakan menjadi 2 jenis sesuai dengan bahan baku pembuatannya. Berikut ini adalah 2 jenis karpet yang dimaksud tersebut, yaitu sebagai berikut:

Karpet Tradisional

Karpet tradisional adalah karpet-karpet yang cara pembuatannya masih dikerjakan dengan tangan manusia atau dengan mesin tenun yang masih sangat sederhana. Biasanya karpet dari jenis ini masih menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam, yaitu seperti wol atau bagian dari tumbuhan. Oleh karena pengerjaannya yang masih sangat tradisional dan hanya menggunakan tangan, maka pembuatan satu lembar karpet biasanya membutuhkan waktu cukup lama. Saat ini masih banyak karpet tradisional yang bisa kita lihat di pasaran, misalnya karpet yang terbuat dari rotan yang banyak di pasarkan di daerah Kalimantan yang disebut dengan nama lampit. Ada juga karpet tradisional lainnya yang disebut dari tikar dan juga terbuat dari bambu yang dianyam.

Karpet Modern

Berbeda dengan karpet tradisional, Karpet modern adalah karpet yang cara pembuatannya sudah menggunakan mesin yang canggih dan biasanya dalam pembuatannya telah menggunakan bahan-bahan sintetis yang berupa plastik kain ataupun karet. Bahan sintetis sendiri mudah didapat dan mudah juga mudah diolah serta sangat mudah memodifikasinya menjadi bermacam-macam bentuk. Berikut ini adalah beberapa jenis karpet modern yang ada dipasaran, yaitu sebagai berikut:

  1. Karpet lantai
  2. Karpet jog baik untuk meubel maupun untuk otomotif
  3. Karpet dinding atau Wallpaper
  4. Karpet meteran yang terbuat dari plastik untuk meja makan
  5. Karpet Ibadah atau Sajadah
  6. Karpet mobil

Karpet yang dipasarkan di Indonesia pada umumnya masih di impor dari luar negeri, namun ada juga yang merupakan produksi dalam negeri. Bahkan ada juga pabrik karpet yang ada di Indonesia yang telah berhasil mengekspor hasil produksinya ke luar negeri. Untuk mendapatkan karpet baik impor maupun karpet buatan dalam negeri kualitas ekspor, anda dapat mengunjungi Karyakarpet untuk melihat-lihat, membeli ataupun memesan karpet yang anda inginkan.

This entry was posted in Batik, Bisnis and tagged , , . Bookmark the permalink.