Kiwkiwherbal.com – Inilah beberapa sumber penyakit dari penggunaan gadget yang berlebihan.

kiwkiwherbal.com – Inilah beberapa sumber penyakit dari penggunaan gadget yang berlebihan. Tekhnologi saat ini memang serba canggih, dan tidak terlepas dari kalimat serba praktis. hampir semua teknologi di abad modern ini semuanya serba praktis.

sumber penyakit dari penggunaan gadget yang berlebihan

Fasilitas inilah yang bisa membuat seseorang terlena, bahkan terlena dengan efek buruk teknologi itu sendiri, terutama gadget.Jika anda salah satu dari korban penggila gadget, maka bersiaplah menemui efek buruknya.

Untuk mengetahuinya apa saja efeknya silahkan simak dibawah ini

Berikut merupakan beberapa sumber penyakit jika anda sudah menggandrungi gadget :

Daftar penyakit akibat gadget

1. Scrotal hyperthermia

Waspada dengan penyakit ini ! Penyakit ini timbul akibat dari meletakan Laptop di atas paha ketika mengoperasikanya. terutama pada pria, yang efeknya bisa menurunkan kualitas sperma. Sebab suhu yang di keluarkan oleh laptop akan berpengaruh juga pada suhu pada area pria hingga 6 kali lipat.

2. Texting Thumb(tendinitis)

Untuk penyakit jenis ini di akibatkan oleh peggunaan jari pada gadget Handphone. Mungkin sepele jika dilihat, Namun Penyakit ini akan terlihat pada jangka panjang. Hal ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada tandon,saraf dan otot-otot tangan yang tidak sadar telah terluka. penyakit ini lebih dikenal dengan Blackberry Thumb ( Jika terjadi cedera pada jempol tangan ) dan untuk cedera pada bagian tangan, disebut Ipad Hand.Yang lebih parahnya lagi, efek ini bisa menimbulkan mati rasa, kerusakan otot, nyeri Yang pengobatanya di perlukan pembedahan.

3. Insomnia

Banyak orang yang merelakan bangun dan mengurangi kualitas tidurnya dimalam hari hanya karena ingin mengetahui pesan masuk dari gadgetnya. Kebiasaan ini akan berdampak buruk untuk kesehatan jika di abaikan.Cahaya terang dari gadget ataupun smartphone yang anda aktifkan akan mengganggu siklus tidur anda serta menekan pelepasan hormon yang berfungsi untuk proses tidur yaitu hormon melantonin yang di produksi ketika tubuh dalam keadaan gelap. Kondisi ini akan membuat setengah sadar anda, atau bisa di sebut dengan “default mode network”.Perhatian : Perlu diketahui, Penderita insomnia memiliki resiko penyakit diabetes, stroke, jantung dan hipertensi. kalau sudah kronis, Insomnia bisa menyebabkan kematian. Sebelum terlambat, Insomnia bisa di cegah dengan cara menghentikan penggunaaan gadget dua jam sebelum anda mau tidur. hal ini untu menghindari efek cahaya gadget yang mampu menekan produksi hormon melantonin.

4. Nomophobia ( no-mobile-phone-phobia )

Penyakit ini ditemukan jika seseorang sudah merasa cemas berlebih apabila terpisah dari Smartphone atau gadgetnya. Hal ini sudah di teliti dan terungkap, sekitar 66% orang yang mengalami Nomophobia (kecanduan gadget). Adapun ciri jika seseorang sudah terkena penyakit ini,

  • Cemas berlebihan
  • Berkeringat
  • Gemetar

Dan bahkan ada yang sampai gemetaran karena gadget atau smartphone miliknya tidak disampingnya

Dengan mengetahui Beberapa sumber penyakit dari tekhnologi gadget ini, semoga anda lebih bijak jika menggunakan gadget. Semoga info ini bermanfaat untuk anda sekalian.

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.