Manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Daun sirsak sangat mudah kita jumpai. Kebanyakan orang menanamnya di pekarangan karena ingin menikmati buahnya atau sekedar memberikan keteduhan. Ternyata tidak hanya buah sirsak saja yang dapat memberikan manfaat bagi kita. Daunnya pun memiliki khasiat yang lebih banyak untuk kesehatan namun belum banyak orang yang mengetahuinya.

Daun sirsak mengandung banyak senyawa penting yang dapat memelihara kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit. Orang-orang yang tidak suka dengan obat kimia dapat memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati penyakit yang dideritanya. Alasannya, selain mudah didapat, daun sirsak termasuk bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping berbahaya seperti obat kimia. Berikut ini manfaat daun sirsak untuk kesehatan (Di lansir dari manfaatsehat.id ).

1. Mengobati Penyakit Kanker

Setelah dilakukan penelitian, terungkap bahwa daun sirsak memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit kanker dan mencegah sel kanker berkembang. Bahkan kemampuannya tersebut lebih besar dari pengobatan kemoterapi. Daun sirsak hanya mematikan sel kanker tanpa merusak sel yang sehat. Beberapa jenis kanker yang dapat disembuhkan yaitu kanker payudara, kanker prostat dan kanker paru-paru.

2. Mengobati Asam Urat

Asam urat dapat memberikan rasa nyeri yang luar biasa di persendian sampai-sampai kita tidak mampu menjalankan aktivitas dengan normal. Salah satu pemicunya adalah pola makan yang kurang sehat. Untuk mengatasi penyakit asam urat tersebut, kita dapat menggunakan daun sirsak dengan cara meminum air rebusannya secara teratur. Jika tidak punya waktu untuk merebusnya, sekarang sudah banyak yang menjual ekstrak daun sirsak yang dikemas dalam bentuk kapsul.

3. Mengatasi Diabetes

Daun sirsak juga dapat mengatasi penyakit diabetes. Kandungan senyawa dalam daun sirsak dapat menormalkan kadar gula darah sekaligus merangsang produksi insulin. Dengan meminum air rebusan daun sirsak dua kali sehari, maka gula darah akan kembali normal. Penyakit diabetes sangat sulit diobati jika pola makan kita tidak teratur. Jadi, selain menggunakan ramuan daun sirsak, kita juga harus mendisiplinkan diri dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan manis.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pola makan yang buruk juga dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah. Hal tersebut dikarenakan lemak dan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh akan menumpuk di pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi sempit. Kondisi tersebut memaksa jantung untuk memompa darah lebih kencang sehingga tekanan darah menjadi tinggi. Untuk mengatasinya, minumlah air rebusan daun sirsak secara teratur sampai tekanan darah kembali normal.

Itulah manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang luar biasa. Ramuan dari bahan alami lebih aman dan terjangkau, namun jangan berlebihan dalam menggunakannya. Segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan hasil yang baik. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.