Menilik Hukum Qurban dalam Islam yang Benar

Berkurban merupakan suatu kegiatan penyembelihan hewan qurban yang dilakukan setelah menyelesaikan sholat idul adha. Dalam hal berqurban merupakan suatu wujud rasa bersyukur yang telah ditujukan oleh seluruh umat muslim kepada Allah atas segala karunia serta nikmat yang telah di berikan kepada para umatnya. Sedangkan untuk hukum qurban dalam islam pun saat ini masih banyak orang yang masih merasa bingung, karena ada beberapa pendapat yang berbeda, sehingga wajar saja bila banyak para masyarakat muslim yang dibingungkan oleh hal ini.

 

Beberapa ulama memiliki pendapat bahwa hukum dalam berkurban pun berpendapat wajib bagi orang yang memiliki kelapangan harta serta memiliki rezeki yang cukup, sedangkan untuk para masyarakat yang tidak memiliki kemampuan dalam melakukan kurban, maka gugurlah kewajiban untuk melakukan kurban tersebut. Qurban merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang tidak diperbolehkan untuk ditinggalkan. Allah sangat mencintai para hambanya yang memberikan sebagian hartanya untuk kepentingan dalam beribadah.

 

Meskipun hukum qurban wajib bagi orang yang mampu dan sunnah bagi orang yang tidak mampu. Namun sayangnya tidak jarang diantara para masyarakat yang memiliki kemampuan untuk berkurban, akan tetapi tidak memiliki niat untuk melakukan qurban. Sedangkan melakukan qurban pun memiliki banyak manfaat yang harus Anda ketahui. Karena berkurban tidak akan menghabiskan harta yang Anda miliki, akan tetapi dengan melakukan kurban, justru rezeki akan dimudahkan dan di lancarkan oleh Allah, sehingga bagi Ana yang memiliki kemampuan untuk berqurban, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk berkurban tahun ini.

 

Berikut ini adalah keuntungan dari melakukan kurban, yaitu sebagai berikut ini:

 

  • Berkurban akan melancarkan rezeki.
  • Mendekatkan diri kepada Allah.
  • Berkurban dapat memupuk rasa empati dan simpati terhadap sesama orang muslim.
  • Untuk melatih diri menjadi orang yang dermawan.
  • Dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.
  • Sebagai bekal pahala nanti di akhirat.
  • Membangun sikap solidaritas.
  • Rezeki yang di dapat menjadi berkah.
  • Berkurban akan menjauhkan diri dari sikap yang tamak.
  • selalu menjaga silaturahmi antara sesama muslim.
  • Berkurban pun juga dapat menciptakan rasa berbagi kepada orang lain, khususnya bagi orang yang tidak mampu.

 

Bagi para umat islam yang memiliki harta lebih serta memiliki rezeki yang cukup, maka berkurban adalah wajib, karena hal tersebut telah di jelaskan di dalam hadits mengenai hukum dalam berkurban. Meskipun berkurban merupakan suatu bentuk ibadah kepada Allah, namun tetap berikan hewan qurban yang terbaik dan sesuai dengan ajaran menurut islam, karena Allah mengharapkan para hambanya yang ikut serta dalam melakukan ibadah kurban untuk selalu memberikan hewan qurban yang sempurna dan terbaik.

This entry was posted in Fashion. Bookmark the permalink.