Category Archives: Pendidikan

Enam Tips Sukses Melakukan Tes IELTS

ielts material – Kalau anda berkeinginan bekerja atau belajar di luar negeri dan anda telah merencanakannya, Sertifikat IELTS menjadi kewajiban yang patut anda punyai. The International English Language Testing System (IELTS) adalah rangkaian tes yang dibuat guna menguji kemampuan Anda ketika berbicara, mendengar, membaca, dan menulis bahasa Inggris. Tes IELTS dikelompokkan ke dalam empat sesi berbeda; dari mulai tes menulis, sampai membaca peta dan diagram.

Awal-awalnya, memang tes IELTS ini terlihat sulit. Tapi dengan persiapan yang matang dan latihan yang memadai, Skor yang anda dapatkan tentu bisa sesuai keinginan anda.

Di bawah ini adalah enam cara yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan test IELTS

UNTUK BERBAGAI AKSEN BAHASA INGGRIS TENTU ANDA HARUS MENDENGARKAN DENGAN BAIK

Apakah Anda mengetahui jika rekaman ketika ielts listening test (tes mendengar) hanya diputar satu kali? Selain hal tersebut, berbagai aksen bahasa Inggris juga digunakan saat tes mendengar, baik itu aksen orang Amerika, orang Australia, orang New Zealand, dan orang Inggris. Bahasa Inggris dengan berbagai aksen tentu wajib anda mengerti. Berlangganan podcast berbahasa Inggris atau TV kabel adalah salah satu hal yang bisa anda pakai untuk memahami hal tersebut.

BUAT STRATEGI

Dengan merancang strategi yang tepat, Anda dapat mengefektifkan waktu sebaik mungkin ketika melaksanakan tes IELTS. Pada saat tes mendengarkan, misalnya, tandai kata kunci yang dapat membantu Anda untuk fokus kepada hal-hal penting. Pada saat membaca demi menghemat wahtu anda, Anda dapat langsung melihat daftar pertanyaan. Strategi yang berbeda-beda pasti dimiliki setiap orang, jadi untuk diri anda sendiri pastikan sudah membuat strategi yang paling pas.

TERUS BERLATIH ATAU LAKUKAN SECARA RUTIN

Ketika anda melakukan latihan, belajarlah dalam mengatur waktu sebagaimana yang akan dilakukan pada saat tes yang sebenarnya, karena perlu anda ketahui bahwa waktu untuk listening test hanya 40 menit saja dengan 10 menit waktu terakhir dipergunakan untuk menyalin jawaban. Tidak hanya untuk menghemat waktu, dengan melakukan hal tersebut anda dapat mengetahui tentang kelemahan dan kelebihan yang anda miliki. Jika anda mengalami kesulitan pada saat melakukan tes membaca, perlu anda ketahui bahwa anda harus lebih fokus untuk melakukan latihan tes membaca.

Posted in Pendidikan | Comments Off on Enam Tips Sukses Melakukan Tes IELTS

Strategi IELTS Reading: Tips dan Trik Agar Anda Mencapai Kesuksesan

IELTS Speaking Topics – Pikirkan apabila, di malam musim dingin yang cukup dingin, pada saat itu anda duduk di depan perapian dengan segelas coklat hangat di tangan yang satu, dan buku yang cukup besar di tangan yang lain.  Membaca di saat keadaann yang romantis ini sangat menyenangkan. Sekarang pikirkan jika, kelas ujian yang sangat dingin, tubuh anda berderai keringat dikarenakan ketakutan akan ujian, kalimat yang akan anda baca sangat tidak anda mengerti dan tampak kata-katanya tercampur aduk. Membaca dalam situasi yang menegangkan ini tak tertahankan dan tidak memuaskan . tidak perlu takut, ini tidak harus terjadi pada Anda.   Terdapat beberapa cara agar dapat menemukan cara yang lebih baik dari contoh tersebut. Yang harus anda kerjakan adalah dengan mempersiapkan diri anda dan ikuti enam strategi di bawah ini.

Strategi IELTS Reading 1

Bersikaplah dengan bijak jangan terlalu menghayal atau mengada ada.  Bisa saja anda mengerti kata yang anda baca tidak sama kenyataannya seperti kala anda bertemu dengan kekasih impian anda, bertekuk lutut di lantai dan menyatakan cinta yang abadi untuk anda. Teks IELTS berlimpah akan kosa kata yang sangat spesial. Jangan takut melewatkan kata yang sulit, asalkan Anda mendapatkan keseluruhan arti itulah yang penting.  Anda dapat latihan mencoba menebak arti kata-kata yang tidak dikenal dengan melihat keseluruhan konteks teks dan kalimat serta bentuk kata – misalnya apakah itu kata kerja atau kata benda?

Tips:  Buat daftar kosa kata

Anda perlu membeli buku kecil di toko dengn harga $ 2 dan berikan buku itu nama ‘The vocabulary book’. Bawa buku itu selalu setiap kali anda akan membaca. Tuliskan semua kata-kata yang tidak anda pahami di buku tersebut dan lihat artinya nanti.

Strategi IELTS Reading 2

Yang ini mungkin mengejutkan … tapi yang sata saya sarankan Anda adalah tetaplah MEMBACA! Ya, baca di waktu luang anda, pilih berbagai bacaan yang berbeda, seperti National Geographic, the New Scientist, the Economist, berita online, cerita pendek, dll … Dan jangan lupa ajak teman baru anda ‘The vocabulary book’!

Posted in Pendidikan | Comments Off on Strategi IELTS Reading: Tips dan Trik Agar Anda Mencapai Kesuksesan

Program Coaching Indonesia Terbaik di Jakarta

Semakin hari semakin kita di dalam kehidupan ini dituntut untuk bisa menunjukkan performance yang semakin baik. Ini dikenal sebagai tantangan tersendiri. Semakin kita mampu menunjukkan tingkat performance yang tidak biasa, semakin kita akan dicari – cari.

Lantaran belum mengetahui triknya, banyak orang yang hanya sampai termin ingin saja, tetapi bingung untuk bergerak ke termin bisa Sesungguhnya kita semua telah mengetahui jawabannya. Hanya saja kita belum mampu menggali “harta karun” yang ada di dalam diri kita.
Untuk itulah kita memerlukan satu aplikasi coaching.

Tapi, sebelum kita memahami lebih jauh apa kegunaan (baca: benefit atau keuntungan) dari program coaching. Perlu kita pahami dahulu apa definisi dari coaching.

Semenjak tahun 2010, saya secara tak sengaja “nyemplung” dalam dunia coaching ini. Ada banyak definisi yang saya dapatkan, namun saya merasa cocok dengan definisi yang diberikan oleh International Coaching Federation (ICF).

“Coaching is partnering with clients in a thought-provoking and creative process that inspires them to maximize their pribadi and professional potential.”
– International Coaching Federation (ICF)

Jadi sederhananya, proses coaching dikenal sebagai sebuah bentuk kerjasama dengan klien ( Coachee ) untuk menstimulasi pikiran dalam proses kreatif di dalam diri klien, yang alhasil bisa menginspirasi klien untuk memaksimalkan potensi, baik dalam kehidupan personal maupun dalam karir profesionalnya.
Keren banget khan definisi dari coaching ini?
Lantas apa saja sih kegunaan dari Aplikasi Coaching tersebut?
empat Alasan Pentingnya Coaching Program

Pertama, Meningkatkan Motivasi Staf (Motivational Tingkat)

Pada saat “harta karun” dalam diri seseorang tergali, otomatis dia bakal menjadi termotivasi. Hebatnya lagi motivasi ini bersumber dari internal (baca: internal motivation). Seseorang akan secara sadar terinspirasi menjadi penuh motivasi. Bukankah perihal ini sungguh diperlukan sebagai satu “bumbu” dalam “resep” utama meraih kesuksesan di bidang apapun.
Melewati coaching, seseorang bakal disadarkan dengan satu tujuan yang sungguh jelas, sebuah solusi yang hendak dicapai. Inilah yang bakal dapat meningkatkan tingkat motivasi seseorang hingga mencapai puncaknya!

Posted in Pendidikan | Comments Off on Program Coaching Indonesia Terbaik di Jakarta

IELTS Academic VS IELTS General


SebagianBanyak orang yang melakukan IELTS tidak yakin mana yang sebaiknya dilakukan IELTS Academic atau IELTS General.

Nah, itu tergantung mengapa kamu melakukan IELTS Test

Jika Anda memutuskan untuk daftar ke universitas berbahasa Inggris atau pendaftaran profesional, Anda perlu melakukan IELTS Academic. Untuk tujuan imigrasi, sebaiknya anda ikut IELTS General

Tahapan tes IELTS ada 4 metode:

a.IELTS Writing (tugas 1 & 2)

b.Reading (ielts reading tips)

c.Listening (ielts listening tips)

d.Speaking (ielts speaking tips)

Tugas Writing 2, Listening dan Speaking sama untuk IELTS Academic dan IELTS General.

Tugas Writing 2,adalah esai. Anda akan diberikan pertanyaan esai untuk dijawab dalam 40 menit dengan menuliskan sedikitnya 250 kata.

Saat tes listening, anda akan diberikan waktu 30 – 40 menit dengan mendengar 4 rekaman audio dan menjawab 40 pertanyaan

ApabilaKetika tes speaking, pengawas akan mewawancarai anda Tes ini di bagi menjadi 3 bagian : presentasi, wawancara dan diskusi, tes ini diberikan waktu antara 11 – 14 menit

Ada perbedaan kedua tes tersebut yakni reading dan writing task 1

Jadi, bagaimana mereka berbeda? Saya akan memulai dengan Writing Task 1 dan kemudian beralih ke bacaan.

IELTS Academic VS IELTS General: Writing Task 1.

Penjelasan dan analisa data saya jelaskan berikut ini:

– Bar chart

– Line graph

– Pie chart

– Table

– Diagram

Tulislah beberapa surat dalam salah satu gaya berikut:

– Formal (untuk seseorang yang tidak anda kenal)

– Semi formal (untuk seseorang yang anda kenal secara formal)

– Informal (untuk teman atau keluarga)

Anda mendapatkan 20 menit untuk menyelesaikan kedua tugas ini dan masing-masing harus menulis setidaknya 150 kata.

IELTS Academic VS IELTS General: Reading

Academic

– 3 bacaan panjang dengan tingkat kesulitan semakin tinggi

– Teks akademis (artikel jurnal, ekstrak buku teks)

– Teks yang berhubungan dengan topik akademik seperti sains, sejarah, sosiologi

General

– 4 tulisan pendek bertambah panjang dan sulit

Posted in Pendidikan | Comments Off on IELTS Academic VS IELTS General

Teknik Belajar Efektif dan Efektif (UPSR / PMR / SPM)

Siswa yang mempraktekkan cara belajar yang benar akan lebih mudah meraih kesuksesan dibanding siswa yang belajar tanpa mengikuti prosedur yang sistematis. Berikut adalah daftar dua puluh metode pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa menghadapi dunia ujian.

Pertama – Jangan buang waktu sebentar pun
Seorang siswa yang brilian menggunakan waktu yang terbilang, periode pertukaran kelas, sambil menunggu mobil sewaan, waktu sebelum makan. Mereka bisa membaca satu atau dua pertanyaan obyektif atau pelajaran yang mereka baca.

Kedua – Bawa buku kemanapun mereka pergi
Lebih suka sikap membawa buku kapan saja. Sikap ini tidak berarti kita harus membaca buku. Kemungkinan Anda tidak membaca apapun, tapi dia menumbuhkan jiwa dengan sungguh-sungguh dengan kewajiban untuk pelajaran. Sikap ini memungkinkan Anda menabur budaya belajar positif dan sikap bertanggung jawab terhadap pelajaran.

Ketiga – Gunakan waktu pagi hari
Gunakan pagi-pagi sekali untuk mengulang materi yang lemah. Dorong semangat belajar pagi-pagi meski Anda tidak ingin membaca. Upaya ini akan menabur semangat yang kuat untuk pelajaran dan memungkinkan Anda memulai hari dengan azam agar sukses.

Keempat – Buat catatan singkat
Mahasiswa yang brilian selalu membuat catatan pendek. Catatannya adalah untuk memungkinkan Anda merujuk kembali apa yang telah Anda baca. Ini tidak menjamin memori Anda namun meningkatkan daya ingat Anda. Dengan catatan singkat, sehari sebelum ujian menjadi lebih mudah.

Kelima – Berdasarkan jadwal penuh
Tetapkan waktu untuk setiap aktivitas yang akan Anda lakukan pada hari itu. Ikuti jadwal studi Anda tanpa syarat. Jangan berbagi perasaan. Bahkan jika Anda tidak suka belajar sekaligus, bukalah buku dan bacalah. Jika Anda memiliki disiplin yang kuat untuk hidup, Anda tidak akan lalai tentang tanggung jawab belajar Anda. Pastikan Anda mengatur waktu untuk setiap subjek setiap hari jika Anda ingin meraih kemuliaan di semua mata pelajaran.

Keenam – Mencoba sebuah pertanyaan tahun lalu
Siswa yang sangat baik menghabiskan waktu untuk mengikuti pertanyaan sehari-hari. Hal ini akan membiasakan diri dengan pola pertanyaan yang sering keluar dalam ujian dan bagaimana cara menjawabnya. Siswa yang hanya jadi buku teks tidak akan lulus dengan baik karena mereka tidak terbiasa dengan pola soal ujian.

Posted in Pendidikan | Comments Off on Teknik Belajar Efektif dan Efektif (UPSR / PMR / SPM)

Ingin Anak Percaya Diri? Coba Tips Public Speaking Ini

public speaking anak percaya diri

Tahukah Anda, bila ingin anak tampil lebih percaya diri dibutuhkan peran aktif orang tua. Tantangannya, seringkali kita orang tua kurang sabar, hingga akhirnya memaksa atau menekan buah hati mematuhi sesuatu.

Padahal, sudah sering dibahas bahwa cara memaksa dan menekan anak itu kurang baik buat tumbuh kembang buah hati. Di sisi lain, sebenarnya banyak cara alternatif yang lebih positif dan mudah dicoba.

Contohnya, bila Anda ingin anak lebih percaya diri, coba sejumlah cara berikut ini. Cara halus dan lembut yang akan membuat bunda dan buah hati merasa senang, bahagia, dan nyaman. Apa saja itu?

Utarakan yang Anda Suka ke Anak

Lazimnya anak-anak, mereka sangat ingin dan senang ketika mendengar atau mengetahui dirinya dicintai.

Bentuk kasih sayang yang lebih dari ungkapan “Aku menyayangimu”.

Coba Bunda sesekali mengungkapkan apa yang disukai dari anak. Contohnya, “Ibu sangat senang waktu melihatmu membantu kakek tadi.”

Ungkapan ini akan membuat anak mengetahui bahwa dirinya diperhatikan. Anak-anak pun akan cenderung lebih bersemangat dan percaya diri hal-hal baik lainnya di kemudian hari.

Berikan Dukungan pada Anak

Anak-anak cenderung aktif dan tertarik melakukan segala sesuatu. Di sinilah dibutuhkan peran aktif bunda dalam memberikan dukungan. Ketika anak tahu kita berada di pihaknya untuk memberikan dukungan, mereka akan merasa lebih percaya diri.

Untuk memberi dukungan dan penyampaian pesan yang baik ini, Anda perlu ilmu public speaking profesional. Tips public speaking bisa didapat dari beberapa training public speaking yang Ada.

Dengarkan keluh Kesah Anak

Di lain waktu, bunda juga perlu menunjukkan bahwa orang tua memiliki kepedulian pada kondisi anak. Dengarkan keluh kesah anak tentang apa yang dirasakan, dialami, atau dipikirkannya.

Bila anak enggan berbagi cerita dengan orang tua, lambat laun dirinya akan mengalami gangguan emosi dan merasa kurang percaya diri. Sesekali, jadilah temannya dan dengarkan ceritanya.

Luangkan Waktu Bersama Anak

Anak-anak pun memiliki keinginan besar untuk menjadi prioritas orang tuanya. Untuk itu, bagi waktu dengan baik dan luangkan waktu tertentu khusus untuk buah hati.

Posted in Pendidikan | Tagged , , , , | Comments Off on Ingin Anak Percaya Diri? Coba Tips Public Speaking Ini

Cerita Rakyat Pendek Cincin Indah Elang

Cerita Rakyat Pendek Cincin Indah Elang – Elang temukan satu cicin yang begitu cantik. Cincin itu senantiasa selalu ia gunakan ke mana juga ia pergi. Semuanya yang lihat cincin itu pastinya akan jatuh hati. Seperti Induk Ayam, ia begitu menginginkan mempunyai cincin seperti Elang.

Baca Komik Horor

Induk ayam serta Elang yaitu teman dekat baik. Induk Ayam punya niat meminjam cincin itu. Jangan Lupa untuk membaca kisah >> Dongeng Bahasa Sunda

” Elang tentu akan tidak keberatan bila saya meminjamnya barang sekian hari, ” gumam Induk Ayam.

Induk Ayam lantas menjumpai Elang. Ia rnenyampaikan maksudnya, yaitu akan meminjam cincin punya Elang. Sesungguhnya Elang tidak mau meminjamkannya, sebab Induk Ayam sangat asal-asalan. Ia tidak ingin cincinnya hilang.

” Saya janji bakal melindungi cincin itu, ” bujuk Induk Ayam.

” Baiklah… ini yaitu cincin kesayanganku. Saya bakal meminjamkannya padamu. Namun, bila hingga hilang, saya akan tidak memaafkanmu, ” balas Elang.

Induk Ayam begitu suka. Pada akhirnya ia dapat menggunakan cincin indah itu di kakinya. Induk Ayam juga pulang dengan bahagia. Selama jalan ia bernyanyi dengan riang. Induk ayam menunjukkan cincin itu pada sebagian binatang.

” Indah sekali cincinmu, ” tutur Kelinci.

” Sudah pasti, saya memperoleh ini dengan sulit payah, ” balas Induk Ayam.

Hari-hari juga berlalu. Saat ini, waktunya Induk Ayam kembalikan cincin punya Elang. Olala… Induk Ayam lupa menyimpan cincin itu.

” Aduh, bagaimana ini? Saya pastinya akan dimarahi Elang bila cincin itu tak ketemu, ” ucap Induk Ayam, cemas.

Induk Ayam menyuruh anak-anaknya untuk turut mencarinya. Tetapi, akhirnya nihil. Cincin itu betul-betul hilang. Elang juga pergi ke tempat tinggal Induk Ayam. Kesempatan ini induk ayam tidak dapat menghindar lagi. Ia akan bercerita yang sesungguhnya pada Elang.

” Saya telah menunggumu, namun mengapa kau tidak datang ke rumahku? Saat ini kembalikan cincinku, ” pinta Elang.

Posted in Pendidikan | Tagged | Comments Off on Cerita Rakyat Pendek Cincin Indah Elang