Penipuan bisnis tiket online

Membeli tiket secara online memang sangat mudah, cepat dan simpel. Anda hanya perlu duduk di depan komputer, laptop atau hp untuk transaksi pembelian tiket pesawat secara online, tinggal buka aplikasinya, pilih tujuan, pilih tanggal keberangkatan ,berapa orang, jenis maskapainya yang ingin digunakan. Semua itu bisa dilakukan dalam hitungan menit dengan sistem online yang sangat fleksibel dan mudah. Wajar saja jika agen penjualan tiket pesawat semakin lama semakin pesat perkembangannya, hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang memesan tiket melalui online.

Agen penjualan online mempuyai sistem mengenai informasi penjualan tiket pesawat yang tidak berbelit-belit dan lengkap, hanya dengan beberapa langkah anda sudah bisa membayarnya melalui transfer. Apalagi jika agen tersebut sudah besar dan sudah tepercaya, tentu fasilitas yang ditawarkan tidak hanya untuk tiket pesawat, melainkan seperti hotel, restoran, hingga tempat wisata yang ditawarkan.

Namun tidak selamanya anda memesan tiket pesawat secara online akan memberikan hasil yang sesuai harapan anda. Ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi seperti membuat agen peesawat abal-abal, seperti berita dibawah ini

Satuan Cyber Crime Polda Metro Jaya menagkap seorang pelaku yang berinisial A, yang kini sudah mendekam dibalik jeruji di rumah tahanan Polda Metro Jaya. Kepala Satuan Cyber Crime Direktorat Reskrimsus (reserse kriminal khusus) polda metro jaya AKBP Winston tomy watuliu mengatakan kasus penipuan sudah cukup lama yang dilakukan pelaku berinisial A, sejak tahun 2009 , untuk menipu korban , calon penumpang pesawat membeli e-ticket penerbangan lokal ke pelaku A melalui internet di dua situs internet. Harga likel kurang lebih Rp4,7 juta, uang yang sudah di transfer kepelaku. Calon penumpang akan mendapatkat e-ticket, tapi sayangnya ketika ingin chek in, pihak maskapai tersebut menolak e-ticket penumpang tersebut karena e-ticket tersebut ilegal.

Setelah dilakukan penyidikan dan penyelidikan. Penyidik mendapatkan informasi dari tersangka A bahwa e-ticket dibeli dari pelaku berinisial B yang bertempat tinggal di Malang, Jawa Timur. Polisi akhirnya juga menagkap pelaku B di Malang. E-ticket yang dijual kepada pelaku A diperoleh dari adiknya yang kini sedang diburu polisi. Sebelum melakukan tindakan penipuan pelaku inisial B mencuri data kartu kredit dengan cara menghack sistyem perbankan asing, dengan cara phising melalui foogle.com dan pelaku berhasil mencuri data card elektronik sekitar 40000 kartu yang sudah siap dipakai melalui online.

Untuk menipu ca;lon korbannya pelaku memberika iming-iming potongan harga sebesar 50%”, kata Winston. Barang bukti yang disita oleh polisi berupa 1 bundel daftar status e-cv, i unit komputer, 4 account email, 1 unit laptop. Tersangka dijerat pasal 363 KUHP, pasal 378 dan pasal 372 KUHP tentang penimpuan dan atau penggelapan.

Setelah anda membaca artikel diatas tentang penipuan bisnis tiket online, ada baiknya anda berhati-hari, berikut tips yang saya berikan agar tidak mudah ditipu.

# Mencari travel agen terpercaya.

Bagaimana untuk menilai sebuah agen travel online tersebut bisa dipercaya atau tidak?. Pertama , lihat nama agen travel tersebut, jika nama tersebut sudah terkenal, maka bisa dipercaya, karena jika sudah dikenal, artinya sudah banyak orang yang menggunakan jasa travel agen ini untuk memesan tiket pesawat.

Kedua, cari informasi lebih lanjut kepada teman, keluarga mengenai travel tersebut, jika teman atau keluarga sudah pernah menggunakan dan memang bagus pelayanannya, maka anda tidak perlu lagi untuk ragu-ragu menggunakan jasa travel tersebut.

Kemudian lihat tiket peawat dari berbagai maskapai penerbangan secara bersamaan di kolom rincian.

# Melihat fasilitas yang ditawarkan oleh agen travel.

Sistem pemesanan tiket pesawat pada agen travel online memang memberikan rasa kenyamanan dan kemudahan kepada calon penumpang. Anda bisa menggunakan pesawat dari berbagai jenis maskapai lengkap dengan jam keberangkatan dan harganya.Hal ini membuktikan sistem online travel dengan pihak maskapai berhubungan, teknologi ini tidak dimiliki agen yang aval-abal karena biasanya penipuan agen abal-abal menggunakan telfon maupun sms.

# Memiliki waktu pembayaran yang fleksibel.

Pemesanan tiket pesawat online oleh agen travel akan diberikan kemudahan serta pemilihan cara pembayaran. Anda bisa mengetahui biaya apa saja yang tercantum dalam harga tiket pesawat. Pembayaran melaui bank lebih terjamin kepercayaannya karena agen yang resmi memiliki kontrak e-commerce dengan pihak bank.

# Hindari pemesanan lewat sms maupun telfon.

Siapa pun juga bisa menggunakan telfon dan sms untuk berpura-pura menawarkan tiket pesawat yang murah kepada anda. Sebaiknya jangan lakukan hal itu karena beresiko besar anda tertipu, jika anda masih ragu-ragu bisa langsung dicek ke maskapai penerbangan

This entry was posted in Bisnis. Bookmark the permalink.