4 Hal Mengejutkan Mengenai Penyebab Radang

Penyebab Radang – Ketika anda digigit nyamuk, anda mungkin akan melihat adanya kemerahan dan bengkak di kulit anda, ditambah sedikit panas dan gatal. Itu merupakan tanda-tanda klasik dari peradangan, dimana bagian dari tubuh anda melakukan respon alami terhadap infeksi dan cedera. Untuk peradangan semacam ini kadang kala dapat berlangsung selama beberapa jam. Namun ada pula yang berlangsung hingga beberapa hari.

Penyebab Radang

Namun, peradangan tingkat rendah dapat bersembunyi di tubuh anda bahkan tanpa terjadinya gejala gatal-gatal seperti halnya digigit nyamuk. Hal ini bisa terjadi berbulan-bulan hingga tahunan. Ini juga bisa disebut sebagai peradangan kronis, dan ketika responnya jelek, bisa meningkatkan resiko dari sejumlah penyakit yang mematikan, mulai dari penyakit jantung dan diabetes hingga arthritis dan penyakit Alzheimer.

Berikut adalah 4 penyebab radang yang sangat mengejutkan.

Penyebab Radang Yang Anda Perlu Tahu

Berat Badan Anda Yang Berlebih

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan respon peradangan yang terdapat di dalam sel-sel lemak anda. Seiring dengan bertambahnya usia, beberapa sel di jaringan lemak kita juga ikut serta, dan sel-sel tersebut meningkatkan kemungkinan terjadinya peradangan. Untuk orang yang lebih muda, obesitas sendiri tampaknya memprovokasi sinyal yang berbahaya dari sel-sel lemak, memberikan sinyal kepada sistem kekebalan tubuh untuk melawan ancaman tersebut, namun sistem kekebalan sama sekali tidak bisa menemukannya.

Stres Kronis

Seperti halnya peradangan, terdapat juga stres kronis dan akut. Stres akut layaknya saat kita dikejar-kejar oleh binatang buas, sementara stres kronis bisa terjadi ketika anda memiliki rasa cemas dimana itu bisa berefek pada peradangan. Hormon stres kortisol berperan penting dalam mengatur respon inflamasi anda, namun stres kronis dapat meredam kemampuan hormon untuk melakukannya. Stres kronis juga meningkatkan produksi peradangan sel darah putih tertentu, dimana dapat meningkatkan resiko penyakit yang berhubungan dengan peradangan.

Kebiasan Merokok

Setiap embusan rokok dapat mengganggu paru-paru anda dimana mengarah pada tingkat kecil dari peradangan. Namun, dapat memperburuk masalah paru-paru yang sudah anda miliki, seperti COPD atau alergi dari waktu ke waktu. Bahkan, beberapa ahli percaya bahwa cedera kronis dan peradangan dari paru-paru karena merokok mungkin menjadi salah satu alasan kenapa sel-sel mulai bermutasi menjadi kanker paru-paru.

Merokok juga sudah menjadi bukti meningkatkan penanda tertentu pada peradangan, termasuk meningkatnya jumlah sel darah putih dan tingkat tinggi C-reaktif protein, yaitu zat yang diproduksi oleh hati. Untuk para non-perokok juga memiliki resiko yang sama ketika anda menghirup asap rokok yang orang lain embuskan di sekitar anda. Selain itu, polusi udara juga memiliki efek yang sama.

Bakteri Usus Anda

Sel-sel kekebalan anda 70% berada di usus anda, sehingga bakteri usus dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda dalam berbagai macam cara. Bakteri yang berada dalam saluran pencernaan dapat menekan dan juga mengaktifkan peradangan, tergantung situasinya.

Para peneliti masih belum terlalu mengerti mengenai interaksi bakteri usus semacam ini, tapi mereka saat ini tengah menggali informasi mengenai perubahan lingkungan dan diet yang mempengaruhi cara mikrobiome menentukan peradangan (apakah bakteri tersebut akan menekannya atau justru mengaktifkannya).

Begitulah informasi yang bisa diberikan mengenai beberapa penyebab radang. Semoga dengan adanya informasi ini, kita bisa mencegah terjadinya radang. Semakin cepat diobati, maka akan semakin cepat pula sembuh. Terus jaga kesehatan yaaaa.

This entry was posted in Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink.