Samuel Johnson Sastrawan Dunia Ini Wajib Kamu Kenal

Samuel Johnson lahir tahun 1709 di Lichfield, Staffordshire. Merupakan anak seorang penjual buku, ia bangkit menjadi salah satu tokoh sastra terbesar pada abad kedelapan belas, yang paling terkenal adalah menyusun Kamus Bahasa Inggris.

Kemiskinan dan penyakit mengikuti Johnson dalam sebagian besar perjalanan hidupnya. Dia menderita scrofula (juga dikenal sebagai King’s Evil) saat bayi, yang mengakibatkan pendengaran dan penglihatannya buruk dan membuatnya merasa terluka parah.

Johnson mengikuti sekolah tata bahasa setempat di Lichfield dan melanjutkan ke Pembroke College, Oxford. Namun, dia harus pergi setelah hanya 13 bulan karena orang tuanya tidak mampu membayar biaya. Pada tahun 1735, dia menikahi seorang janda, Elizabeth Porter, dan mendirikan sebuah sekolah di Edial, itu pun gagal hanya dalam beberapa bulan.

Johnson mengambil satu dari sedikit murid yang tersisa – calon yang segera menjadi bintang panggung London, David Garrick – yang berjalan ke ibu kota untuk mencari ketenaran dan keberuntungan.

Johnson bekerja sebagai penulis roman picisan selama bertahun-tahun, menulis dan mengedit artikel untuk Majalah Edward Cave’s Gentleman’s. Dia menerima beberapa kesuksesan kritis dengan puisi pertamanya di London (1738) dan biografinya tentang penyair patuh, Richard Savage (1744) namun kesempatan besar Johnson datang pada tahun 1746 dengan pesanan untuk menulis Kamus. Johnson tinggal di 17 tempat yang berbeda di London, namun pindah ke Gough Square untuk mengerjakan Kamus, yang akhirnya diterbitkan pada tahun 1755. Sejak saat itu, ketenaran Johnson diyakinkan dan dia dikenal sebagai ‘Kamus Johnson’, meskipun saat itu dia masih menderita beberapa kesulitan keuangan.

Karya tulis Johnson sangat besar dan bervariasi. Dia menyelesaikan edisi kritis karya William Shakespeare dan menciptakan biografi dan penilaian kritis dari 52 penyair Inggris pada abad ke-17 dan kedelapan belas untuk menyair semasa hidupnya . Dia juga menulis kritik sastra dan merupakan esai yang produktif, selama dua tahun menjadi hampir   satu-satunya kontributor untuk The Rambler, menulis sama baiknya untuk The Idler and The Adventurer.

Johnson memperoleh pensiun dari George III pada tahun 1762, yang membuatnya memiliki gaya hidup yang lebih nyaman. Dia sekarang bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk bepergian dan berbicara.

Johnson terkenal karena karakternya yang kuat dan percakapan yang menantang dan sering kali lucu. Dia adalah seorang pria yang ramah, menjadi anggota di beberapa Klub dan kelompok teman-temannya termasuk pelukis Sir Joshua Reynolds, rumah sastra Hester Thrale dan penulis Oliver Goldsmith. Kehidupan Johnson mengilhami banyak biografi, yang paling terkenal, oleh teman baiknya, pengacara Skotlandia James Boswell, yang diterbitkan pada tahun 1791. Baca juga pengetahuan terkini di berita hari ini.

Hari ini, menurut The Oxford Dictionary of Quotations, Johnson merupakan orang Inggris kedua paling banyak dikutip. Panduan referensi topikal untuk kutipannya dapat ditemukan di http://www.samueljohnson.com/. Perkataan Yang paling terkenal ‘… ketika seseorang lelah dengan London, dia bosan dengan kehidupan’.

This entry was posted in news and tagged , . Bookmark the permalink.