Surga Bawah Laut Selat Dampier

Pulau Raja AMpat

Bagi para penyelam ataupun pecinta alam bawah laut, Paket Tour Raja Ampat merupakan tujuan penyelaman yang sangat menarik. Bagaimana tidak, wilayah perairan yang tergolong dalam sepuluh lokasi penyelaman terbaik di dunia ini, tentulah memiliki daya tarik luar biasa baik untuk para penyelam ataupun para penikmat keindahan alamnya. Di antara lokasi penyelaman di Raja Ampat, Selat Dampier ini menjadi salah satu lokasi favorit karena kekayaan biota lautnya serta keragaman jenis karang yang dimilikinya.

Lokasi dan Transportasi Selat Dampier merupakan kawasan perairan yang berada di  antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta yang merupakan dua dari empat pulau – pulau besar di Raja Ampat. Jika anda ingin menuju selat ini, tentunya anda harus menggunakkan alat transportasi laut, diantaranya anda bisa menggunakan kapal wisata, serta perahu motor. Namun, jika anda menggunakkan perahu motor, anda bisa langsung datang ke kawasan Raja Ampat melalui Kota Sorong yang menjadi gerbang masuk Kabupaten Raja Ampat. Untuk tiba di kota Sorong, salah satunya bisa menggunakkan jalur penerbangan dimana anda akan tiba di Bandara Domine Eduard Osok atau disebut juga dengan DEO, kemudian dengan kendaraan umum seperti taksi, angkot, ojek ataupun menggunakkan kendaraan sewaan, anda bisa langsung menuju Pelabuhan Perikanan Sorong untuk melanjutkan perjalanan anda dengan kendaraan laut ke Raja Ampat.

Ada beberapa cara untuk mencapai Selat Dampier, jika anda ingin berhemat, anda bisa menggunakkan kapal rakyat milik pemerintah daerah. Namun, kapal ini hanya mengantar anda sampai ke Waisai ibu kota dari Raja Ampat yang terletak di Pulau Waigeo. Wisata Selat Dampier merupakan kawasan perairan yang menjadi incaran banyak penyelam. Di kawasan selat ini, ada beberapa titik penyelaman favorit diantaranya adalah Manta Point. Di Manta Point, anda bisa menyelam sambil melihat ikan Manta Ray yang berukuran cukup besar dan tampak sangat jinak. Gerombolan ikan – ikan kecil lainnya pun turut menemani anda selama menyelam di dive spot yang satu ini. Posisi dari Manta Point ini berdekatan dengan Desa Arborek sehingga anda bisa sambil melakukan kunjungan ke desa ini. Selat Dampier juga merupakan kawasan konservasi dan memiliki penutupan karang hidup sekiar Sembilan puluh persen. Bahkan karang serta beberapa macam biota laut yang dimiliki perairan ini sangat beragam.

Berwisata ke Selat Dampier merupakan pilihan yang tepat dan baik untuk menyelam, memancing atau sekedar menikmati keindahan dan kekayaan alam yang di milikinya. Untuk itu, anda harus merencanakan rencana wisata anda dengan baik jika anda berniat untuk berlibur ke Raja Ampat. Jadi, siapkan segala sesuatunya sebelum memulai perjalanan wisata anda ke Raja Ampat dan selamat berlibur!

This entry was posted in Travel. Bookmark the permalink.