Tanya Jawab: Benarkah Harga Hewan Qurban 2017 Tidak Boleh Ditawar untuk Mendapat Pahala Sunnah?

Idul Adha sudah tinggal menghitung hari. Persiapan demi persiapan tentu sudah banyak dilakukan demi menyambut hari yang begitu spesial ini. Salah satu ibadah yang utama ketika Idul Adha adalah ibadah berqurban. Untuk Anda yang berencana berqurban, maka pasti sudah cukup mengetahui harga hewan qurban 2017 di pasaran. Untuk harga kambing saat ini dimulai dari angka 1,8 jutaan untuk yang terkecil sampai angka 4,5 jutaan. Sedangkan untuk harga sapi adalah sekitar 16 jutaan sampai 20 juta lebih untuk kualitas terbaik.

Harga hewan qurban yang ada di pasaran menjelang Idul Adha memang selalu saja naik. Katakanlah ketika hari biasa satu ekor kambing bisa didapatkan dengan hanya harga 1, 5 jutaan sedangkan ketika menjelang Idul Adha, kambing kecil pun dihargai 1,8 jutaan. Kenaikan harganya memang dirasakan sangat signifikan dan terkadang memberatkan untuk beberapa orang yang ingin berqurban sehingga terkadang ada prosesi tawar menawar sebelum akhirnya setuju untuk dibeli.

Namun ada pernyataan jika hewan qurban terbaik tidaklah boleh untuk ditawar sehingga bisa mendapatkan sunnah. Pernyataan yang satu ini sudah banyak tersiar di masyarakat dan tentunya membingungkan. Di sisi lain harga jika tidak ditawar tentu saja pelanggan akan merasa terlalu berat karena masih memungkinkan harga hewan tersebut turun. Lalu apakah betul pernyataan yang satu ini? Untuk mendapatkan jawabannya, tentu hal ini harus didasarkan pada ilmu para ulama dan juga aturan dalam Islam.

Para ulama menyatakan jika berqurban adalah urusannya dalam hal ibadah sehingga dalam urusan pembelian hal ini sudah masuk dalam bab muamalah sehingga merupakan dua hal yang berbeda. Pernyataan simpang siur dari masyarakat cenderung karena salah satu hadits yang menyatakan jika hewan qurban yang paling mahal adalah yang terbaik dan umat Islam diperintahkan untuk berqurban yang terbaik. Jika sekilas saja mengartikannya, maka akan ada pernyataan seolah jika menawar hewan qurban, maka seolah-olah umat Islam terlalu perhitungan dan tidak memberikan yang terbaik sehingga tidak perlu ditawar.

Hal ini sebetulnya tidaklah tepat karena ulama sepakat jika tidak demikian adanya. Untuk pemilihan hewan qurban sendiri umat Islam harus memilih yang paling terbaik yaitu dengan ciri sehat, tanpa cacat dan yang gemuk sehingga bisa memberikan banyak manfaat dan dapay dibagi secara merata lebih luas. Hewan yang sempurna semacam ini tentu umumnya dibanderol dengan harga mahal, namun bukan mustahil juga jika Anda pandai dalam memilih, maka bisa memilih hewan berkualitas dengan harga yang lebih ringan. Untuk itu pandangan hewan tidak boleh ditawar adalah tidak benar adanya karena umat Islam yang akan berqurban disarankan untuk memilih yang terbaik dan berkualitas, bukan lantaran harganya.

This entry was posted in Life style. Bookmark the permalink.