Ingin Anak Percaya Diri? Coba Tips Public Speaking Ini

public speaking anak percaya diri

Tahukah Anda, bila ingin anak tampil lebih percaya diri dibutuhkan peran aktif orang tua. Tantangannya, seringkali kita orang tua kurang sabar, hingga akhirnya memaksa atau menekan buah hati mematuhi sesuatu.

Padahal, sudah sering dibahas bahwa cara memaksa dan menekan anak itu kurang baik buat tumbuh kembang buah hati. Di sisi lain, sebenarnya banyak cara alternatif yang lebih positif dan mudah dicoba.

Contohnya, bila Anda ingin anak lebih percaya diri, coba sejumlah cara berikut ini. Cara halus dan lembut yang akan membuat bunda dan buah hati merasa senang, bahagia, dan nyaman. Apa saja itu?

Utarakan yang Anda Suka ke Anak

Lazimnya anak-anak, mereka sangat ingin dan senang ketika mendengar atau mengetahui dirinya dicintai.

Bentuk kasih sayang yang lebih dari ungkapan “Aku menyayangimu”.

Coba Bunda sesekali mengungkapkan apa yang disukai dari anak. Contohnya, “Ibu sangat senang waktu melihatmu membantu kakek tadi.”

Ungkapan ini akan membuat anak mengetahui bahwa dirinya diperhatikan. Anak-anak pun akan cenderung lebih bersemangat dan percaya diri hal-hal baik lainnya di kemudian hari.

Berikan Dukungan pada Anak

Anak-anak cenderung aktif dan tertarik melakukan segala sesuatu. Di sinilah dibutuhkan peran aktif bunda dalam memberikan dukungan. Ketika anak tahu kita berada di pihaknya untuk memberikan dukungan, mereka akan merasa lebih percaya diri.

Untuk memberi dukungan dan penyampaian pesan yang baik ini, Anda perlu ilmu public speaking profesional. Tips public speaking bisa didapat dari beberapa training public speaking yang Ada.

Dengarkan keluh Kesah Anak

Di lain waktu, bunda juga perlu menunjukkan bahwa orang tua memiliki kepedulian pada kondisi anak. Dengarkan keluh kesah anak tentang apa yang dirasakan, dialami, atau dipikirkannya.

Bila anak enggan berbagi cerita dengan orang tua, lambat laun dirinya akan mengalami gangguan emosi dan merasa kurang percaya diri. Sesekali, jadilah temannya dan dengarkan ceritanya.

Luangkan Waktu Bersama Anak

Anak-anak pun memiliki keinginan besar untuk menjadi prioritas orang tuanya. Untuk itu, bagi waktu dengan baik dan luangkan waktu tertentu khusus untuk buah hati.

Contohnya bisa dengan melakukan liburan bersama di akhir pekan, memasak bersama, dan sebagainya. Kebersamaan dengan buah hati ini akan memacu semangat dan bisa menumbuhkan kepercayaan diri secara perlahan pada anak.

This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.