Yuk Simak Betapa Pentingnya Pembukuan Akuntansi Bagi Bisnis UMKM

Sangat tidak mungkin jika suatu bisnis tidak menerapkan ilmu akuntansi untuk membuat pembukuan di dalamnya. Ya, book-keping ini sangat penting untuk mengontrol setiap pengeluaran ataupun pemasukan transaksi dari bisnis yang Anda jalankan. Segala sesuatu yang berkaitan dengan keuangan, seperti pajak umkm, arus kas, harus dicatat secara detail.

Baik bisnis yang skalanya kecil sampai besar sangat membutuhkan book-keeping di dalamnya. Anda tidak percaya? Silahkan simak informasi mengenai pentingnya pembukuan akuntansi bagi bisnis UMKM berikut ini.

Yuk Simak Betapa Pentingnya Pembukuan Akuntansi Bagi Bisnis UMKM

Yuk Simak Betapa Pentingnya Pembukuan Akuntansi Bagi Bisnis UMKM

  1. Dapat memahami keuangan perusahaan dengan sangat baik
    Terdapat 5 komponen laporan keuangan dalam akuntansi yaitu laporan laba rugi, neraca, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Komponen-komponen tersebut sangatlah penting di dalam dunia usaha, terutama laporan laba rugi, neraca, dan arus kas yang sangat sulit diketahui jika sistem pembukuannya buruk.

    Dengan laporan laba rugi, Anda dapat mengetahui bagaimana laba atau rugi dapat tercipta. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui biaya yang paling besar digunakan untuk apa, sehingga dapat mengontrol dengan baik nantinya. Begitu pula dengan penjualan yang paling berpengaruh di dalam bisnis Anda, sehingga dapat dimaksimalkan dikemudian hari.

    Bagaimana dengan neraca? Untuk neraca sendiri, Anda dapat melihat secara jelas total harta yang dimiliki meliputi jumlah persediaan, jumlah uang baik tunai atau di bank, tanah, kendaraan, dan lain-lain. Selain itu, anda juga dapat memantau jumlah modal dan juga kewajiban baik jangka pendek maupun jangka panjang.
    Sedangkan untuk laporan perubahan modal, Anda dapat mengetahui bagaimana modal perusahaan dapat berubah seiring dengan adanya laba ataupun rugi.

    Untuk laporan arus kas, Anda dapat memantau perolehan atau penggunaan kas dalam periode tertentu. Perolehan dan penggunaan kas dapat berasal dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.
    Yang terakhir adalah catatan atas arus kas yang dapat memberikan keterangan bagi Anda mengenai penyusunan laporan keuangan yang terkait, contohnya kebijakan-kebijakan ataupun metode yang digunakan dalam penyusunan laporan tersebut, atau yang lainnya.

  2. Bahan perimbangan dalam pengambilan keputusan
    Tahukah Anda bahwa hampir semua keputusan bisnis yang diambil berasal dari data keuangan? Jadi, bisa dibayangkan sendiri betapa kacaunya usaha Anda jika tidak memiliki pembukuan akuntansi yang baik.

    Sudah dapat dipastikan bila perusahaan memiliki data keuangan yang baik, maka analisis-analisis mengenai bisnis dapat dengan mudah untuk dilakukan.

    Kelima laporan di atas memang sangat bermanfaat bagi berjalannya bisnis Anda. Selain itu, ada juga faktor lain yang menentukan kemajuan bisnis yaitu berasal dari data penjualan.

    Ya, dari data tersebut Anda bisa melihat produk mana yang paling diminati oleh konsumen dan produk mana yang tidak disukai oleh konsumen, begitu juga untuk mengetahui siapa saja pelanggan yang potensial dan siapa pelanggan yang perlu dimaksimalkan lagi.

    Jika ditelaah lebih jauh lagi, data keuangan tersebut dapat juga digunakan sebagai alat prediksi, misalnya saja untuk mempelajari mekanisme penurunan dan kenaikan harga yang terjadi dalam kurun waktu tertentu, sehingga nantinya Anda bisa membuat merencanakan kemungkinan kenaikan dan penurunan harga.

    Nah, dari sinilah Anda dapat mengetahui sendiri kalau pembukuan begitu penting di dalam sebuah bisnis. Dengan adanya laporan keuangan yang jelas dan akurat, maka pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan yakin.

Apakah Anda sudah paham mengapa pembukuan begitu penting di dalam bisnis? Jika sudah buatlah book-keeping yang terbaik dan mudah dipahami oleh bayak orang agar keputusan bisnis dapat diambil dengan tepat.
Segera perbaharuhi informasi bisnis Anda dengan mengakses https://sleekr.co/accounting/. Ada jurus-jurus penting yang dapat Anda simak guna memajukan bisnis UMKM Anda.

This entry was posted in Bisnis and tagged . Bookmark the permalink.